Kamis, 18 Oktober 2012

Profesor Berusia 76 Tahun Jajal Tryout NBA


California - Usia senja tak menghalangi seorang profesor berusia 76 tahun untuk mengikuti ujicoba NBA, kendati usahanya itu berbau "iseng-iseng" mengingat usianya sekarang dan fakta bahwa sudah 20 tahun ia tak bermain basket.

Sebelum dimulainya musim, Liga Pengembangan NBA--D League--secara rutin membuka sesi tryout dengan harapan menemukan bibit-bibit pemain baru.

Tahun ini Santa Cruz Warriors, yang berafiliasi dengan Golden State Warriors, mendapati sejumlah peserta-peserta unik di dalam sesi tryout mereka yang dilakukan akhir pekan lalu. Di antaranya ada seorang mantan pemain Harlem Globetrotter, seorang rapper dari daerah Bay Area, juga seorang profesor berusia 76 tahun.

"Aku tidak bisa bilang bahwa aku bisa berlari, melompat atau menembak, karena aku memang tak bisa," kata Don Wiberg, profesor sepuh tersebut, kepada Santa Cruz Sentinel.

"Tapi untuk orang yang tidak bisa berlari, melompat, atau menembak, operanku lumayan, kok," sambungnya.

Ceplosan Wiberg mengenai kehadirannya di sesi ujicoba itu memang menggelitik. Profesor mata kuliah komputer dan teknik elektro untuk UC Santa Cruz itu mengaku sudah tidak bermain basket selama 20 tahun.

Bukan hanya itu, Wiberg bahkan mengaku kalau dirinya juga tidak lolos masuk ke tim basket waktu SMU dulu. Ia memang pernah bermain basket di kampusnya, Cal Tech, tapi kemudian Wiberg mundur setelah satu tahun karena menilai dirinya lebih jago dalam bermain polo air.

Lantas kenapa Wiberg kemudian terkesan iseng mengikuti ujicoba tersebut? Well, ia mengaku ujicoba tersebut sebagai satu-satunya hal yang tersisa di dalam daftar keinginannya saat ini.

Selain itu, ia juga merasa tak ada ruginya mencoba karena SC Warriors mengklaim menerima siapapun untuk mengikuti tryout tersebut, asalkan berusia di atas 18 tahun dan membayar uang masuk sebesar 100-125 dolar AS.

"Anda tahu, ya coba-coba sajalah," lugas Wiberg.

0 komentar:

Blogger Template by Clairvo